Model Data dan Sub Bagian ArcGIS

16 Nov

Pada tulisan ini akan memaparkan model data dan pengenalan sub bagian yang ada pada ArcGIS,  yaitu arc catalog dan arc map.

A. Model Data

Dalam merepresentasikan model di dunia nyata di dalam GIS ada dua,  pertama adalah jenis data spasial yang merepresentasikan aspek keruangan yang disebut data-data posisi, ruang, koordinat. Kedua adalah jenis data yang merepresentasikan aspek deskriptif terhadap fenomena yang dimodelkan yang disebut data non-spasial [Pra02].

1. Data Spasial

Data spasial yaitu data yang berorientasi geografis, memiliki sistem koordinat tertentu sebagai referensinya dan mempunyai dua bagian penting yang membuatnya berbeda dari data lain, yaitu informasi lokasi (spasial) dan informasi deskriptif (attribute). Informasi lokasi (spasial), berkaitan dengan suatu koordinat baik koordinat geografi (lintang dan bujur) dan koordinat XYZ, termasuk diantaranya informasi datum dan proyeksi. Informasi deskriptif (atribut) atau informasi non spasial, suatu lokasi yang memiliki beberapa keterangan yang berkaitan dengannya, contohnya : jenis vegetasi, populasi, luasan, kode pos, dan sebagainya.

1.1. Format Data Spasial

Secara sederhana format dalam bahasa komputer berarti bentuk dan kode penyimpanan data yang berbeda antara file satu dengan lainnya. Dalam SIG, data spasial dapat direpresentasikan dalam dua format, yaitu data vektor dan data raster.

a). Data Vektor

Data vektor merupakan bentuk bumi yang direpresentasikan ke dalam kumpulan garis, area (daerah yang dibatasi oleh garis yang berawal dan berakhir pada titik yang sama), titik dan nodes (merupakan titik perpotongan antara dua buah garis). Ada tiga macam model data vektor, yaitu :

  • Titik (point); adalah representasi grafis yang paling sederhana untuk suatu obyek [Hur03]. Representasi ini tidak memiliki dimensi tetapi dapat diidentifikasi di atas peta dan dapat ditampilkan pada layar monitor dengan menggunakan simbol-simbol.
  • Garis (line); adalah bentuk linier yang akan menghubungkan paling sedikit dua titik dan digunakan untuk mempresentasikan obyek-obyek dua dimensi [Hur03]. Obyek atau entitas yang dapat direpresentasikan dengan garis antara lain jalan, sungai, jaringan listrik, saluran air.
  • Polygon digunakan untuk merepresentasikan obyek-obyek dua dimensi, misalkan: Pulau, wilayah administrasi, batas persil tanah adalah entitas yang ada pada umumnya direpresentasikan sebagai poligon. Satu poligon paling sedikit dibatasi oleh tiga garis di antara tiga titik yang saling bertemu membentuk bidang. Poligon mempunyai sifat spasial luas, keliling terisolasi atau terkoneksi dengan yang lain, bertakuk (intended), dan overlapping.

b). Data Raster

Data raster (atau disebut juga dengan sel grid) adalah data yang dihasilkan dari sistem Penginderaan Jauh. Pada data raster, obyek geografis direpresentasikan sebagai struktur sel grid yang disebut dengan pixel (picture element). Contoh data raster adalah citra satelit (ikonos). 1.2. Format Data Non – Spasia Data non-spasial adalah data yang merepresentasikan aspek deskripsi dari fenomena yang dimodelkan yang mencakup items dan properti, sehingga informasi yang disampaikan akan semakin beragam. Contoh data non-spasial adalah: Nama Kabupaten, Jumlah penduduk, Jumlah penduduk laki-laki, Jumlah penduduk perempuan, Nama bupati, Alamat kantor pemerintahan, Alamat web site, Nama gunung.

B. Pengenalan Sub Bagian ArcGIS

Ada beberapa sub bagian pada ArcGIS, sub bagian-sub bagian tersebut adalah ArcCatalog, Arcglobe,  ArcMap, ArcReader dan ArcScene. Tetapi, pada tulisan ini, yang akan dibahas adalah ArcCatalog, ArcGlobe dan ArcMap.

  • ArcCatalog adalah jendela untuk mengelola dan mengatur semua informasi dari sistem informasi geografis. ArcCatalog digunakan untuk men-searching dan mem-view data yang disimpan di ArcGIS.
  • ArcGlobe adalah aplikasi visualisasi 3D yang memungkinkan untuk melihat sejumlah besar data GIS di permukaan bumi.
  • ArcMap adalah adalah jendela untuk membuat, meng-edit, menganalisis, dan manajemen sistem informasi geografis.

Sumber :

http://www.andisun.com/tag/gis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Urban and Regional Planning

This is about urban and regional planning knowledge

%d blogger menyukai ini: