Georeferencing part 2

26 Nov

Setelah mempelajari tentang georeferencing, tulisan ini akan membahas bagaimana memberi koordinat pada data raster yang berasal dari citra satelit dengan memanfaatkan data raster gambar peta yang sudah sebelumnya diberikan koordinat terlebih dahulu. Sebagai contoh, diambil peta Jawa Barat yang sudah diberikan titik koordinat dengan data citra Jawa Barat yang belum memiliki koordinat. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada langkah-langkah berikut ini :

geo1

langkah pertama adalah pilih peta Jawa barat yang sudah diberikan titik koordinat.

geo 2

Ambil peta citra satelit Jawa Barat yang akan diberikan titik koordinat.

Geo 3

Setelah itu maka akan tampak peta citra satelit Jawa Barat.

Geo4

Setelah itu, geser layer peta Jabar ke atas agar bisa terihat, karena jika posisinya di bawah layer peta citra satelit, maka peta tersebut tidak akan terlihat. Setelah itu, layer pada toolbar georefencing harus peta Jabar yang sudah diberikan titik koordinat. Untuk membuka peta Jabar, klik kanan kemudian pilih zoom to layer.

Geo 5

Setelah itu, zoom in untuk menentukan titik mana yang dijadikan acuan untuk meng-georefencingkan peta citra satelit. Klik add control points.

Geo 6

Klik pada titik yang dijadikan acuan untuk meng-georeferencingkan peta citra satelit. Setelah diklik, arahkan pada layer peta citra satelit (Jabar.jpg).

Geo 7

Arahkan garis titik koordinat pada peta Jabar ke titik yang sama (titik yang akan digeoreferencingkan) pada citra satelit.

Geo 8

Setelah itu, maka akan muncul tanda plus merah pada peta citra satelit yang telah kita georeferencingkan. Itu tandanya kita telah berhasil menambahkan koordinat pada peta citra satelit tersebut.

Geo 9

Untuk melihat hasil georeferencing, kita dapat meg-zoom out salah satu layer, dan akan terlihat hasilnya seperti gambar di atas tersebut.

Geo 10

Setelah itu, berikan koordinat lagi pada citra satelit Jabar dengan langkah langkah yang sama dan kemudian klik georeferencing dan kemudian klik update georefencing untuk menyimpan koordinat pada citra satelit.

Langkah yang mudah bukan ?🙂 Di dalam tulisan ini juga saya ingin berbagi tentang materi yang akan dipelajari pada minggu depan, yaitu kami akan membuat digitasi peta citra satelit yang telah diberikan titik koordinat dari daerah kami masing-masing. Karena saya berasal dari Karawang, maka saya mengambil Rengas Dengklok, yaitu kawasan jalan Proklamasi di mana terdapat Tugu Proklamasi. Mengapa saya mengambil Rengas Dengklok ? Karena Rengas Dengklok merupakan lokasi yang sangat bersejarah. Karena di lokasi ini, Bapak Presiden Soekarno dan Bapak wakil Presiden Moh. Hatta merumuskan teks proklamasi dan berpotensi sebagai kawasan wisata sejarah. Oke, di bawah ini merupakan gambar citra satelit Kawasan Jalan Proklamasi, Rengas Dengklok

titik koordinat Rengasdengklok

Kawasan Jalan Proklamasi, Rengas Dengklok, Karawang.

Setelah peta citra satelitnya diberi pin untuk menandai titik-titik koordinat, di bawah ini merupakan langkah-langkah untuk memberikan koordinat pada peta citra satelit tersebut. Pada dasarnya, langkah yang dilakukan sama seperti pada saat kita ingin memberikan titik-titik koordinat seperti pada data raster, akan tetapi, karena di sini titik koordinatnya tidak tertulis, maka harus diberikan pin dan kita catat koordinatnya. Oke, berikut ini merupakan langkah untuk memberikan koordinat pada peta citra satelit ini.

1

Langkah pertama adalah buka file peta citra satelit tersebut.

2

Langkah ke 2 adalah klik kanan, kemudian klik data frame properties untuk menentukan titik koordinat apa yang akan kita gunakan.

3

Klik predefined dan pilh geographic coordinat system karena koordinat yang kita gunakan memiliki satuan derajat.

4

Kemudian klik world.

5

Klik WGS 1984.

6

Kemudian klik add control points.

7

Kemudian klik input DMS of Lon and Lat untuk menuliskan titik koordinat berdasarkan garis lintang dan garis bujur.

8

Masukkan titik-titik koordinat yang sudah sebelumnya kita tulis, kemudian klik ok.

9

Kemudian klik zoom to layer untuk menampilkan peta yang sudah diberikan titik-titik koordinat tadi. Lakukan langkah-langkah yang sama untuk menentukan titik-titik koordinat pada titik 2,3 dan 4.

10

Untuk mengupdate georeferencing, klik georeferencing dan klik update georeferencing.

Sekian, terima kasih sudah membaca artikel ini and hope you get any information from this article🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Urban and Regional Planning

This is about urban and regional planning knowledge

%d blogger menyukai ini: